Pengertian Gelombang dan Sumber Gelombang


Sebenarnya apa gelombang itu ? Untuk menjawab pertanyaan ini, ayo kita perhatikan pada gejala gelombang laut. Dalam gelombang laut, ait laut bergerak naik turun sampai menumbuk pantai. Gerakan naik turun sebuah titik air laut sebagaimana gerakan naik turunnya sebuah titik pada dawai gitar yang dipetik merupakan sebuah getaran atau gerakan bolak – balik disekitar kesetimbangan. Karena gelombang laut bergerak dari tengah samudra menuju pantai, kamu dapat mendefinisikan dengan mudah bahwa gelombang adalah getaran yang merambant dari sumbernya. Apa yang dimaskud dengan sumber gelombang ? 
Sumber gelombang adalah sesuatu yang menyebabkan terjadinya getaran yang merambat. Sumber gelombang pada gelombang air di kolam adalah batu yang dilempar dan jatuh ditengah kolam. Sumber getaran pada dawai adalah tangan yang memetiknya. Berarti, gelombang adalah gejala perambatan energy atau tenaga. Oleh karena itu sumber gelombang adalah sumber energi.
Perlu kalian ketahui bahwa tidak ada perambatan materi yang terjadi. Titik gelombang hanya bergerak naik turun, tidak bergerak menuju arah rambatannya, walaupun sekilas terlihat seakan – akan materinya yang bergerak, inilah konspe bahwa hanya terjadi perambatan energy, bukanlah materi.
Sebesar apapun gelombang air laut yang menjalar dari tengah samudra ke pantai, sebuah kapal yang diam ditengah laut tidak akan pernah terbawa ke pantai, kecuali terbawa oleh angina atau gaya luar yang memengaruhinya. Kamu dapat membuktikan ini dengan mengapungkan sebuah gabus ke dalam air atau telaga dan melempar batu didekat gabus (sekitarnya, bukan tepat pada gabus) yang terapung tersebut. Meskipun air bergerak naik turun dan lingkaran gelombang makin membesar, ternyata gabus hanya bergerak naik turun pada posisinya dan tidak ikut bergerak mengikuti gelombang atau pembesaran gelombang tersebut. Berarti air berfungsi sebagai zat medium (perantara) bagi gelombang. 

Tegasnya, gelombang merambatkan energy, bukan materi.


Postingan terkait: